Langsung ke konten utama

Kesadaran terhadap Toxic Relationship menjadi fokus TLF 2022

 


Gambar oleh ActaDiurna FH Untan 



ACTADIURNA FH Untan- Tanjungpura Law Festival 2022 yang diadakan oleh Justitia Club sukses menggelar webinar nasional dengan tema “Ketika Cinta Menjadi Toxic : Abuse In Relationship” melalui zoom meeting pukul 07.30-selesai pada Sabtu, (5/3/2022).

Benny B Hendry selaku ketua panitia Tanjungpura Law Festival (TLF) itu menerangkan bahwa, latar belakang Justitia club mengambil tema dalam webinar nasional ini karena maraknya kekerasan dalam hubungan yang sering dianggap remeh, “Latar belakang utamanya adalah semakin maraknya kekerasan dalam hubungan, kami melihat bahwa kekerasan dalam hubungan ini, apalagi hubungan dalam bentuk pacaran, sering dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal dampak yang ditimbulkan sama saja, dan tindak kekerasan tidak dapat dibenarkan. Jadi tema TLF tahun ini mengangkat kekerasan dalam hubungan dengan tujuan memberikan atensi dan edukasi kepada masyarakat terhadap kekerasan,” Ungkapnya.

Benny B Hendry pun menambahkan bahwa Justitia Club siap berkolaborasi dengan organisasi atau Gerakan sosial lain menyangkut tema ini, “Kami sangat terbuka apabila ada organisasi atau gerakan sosial lainnya yang ingin berkolaborasi dalam program yang menyangkut tema ini. Kedepannya kita kan vokal dalam edukasi dan sosialisasi tentang kekerasan, terutama kekerasan dalam hubungan” Tambahnya.

Hayati Setia Inten, S.IP, M.H selaku koordinator Sub Komisi RHK (KOMNAS Perempuan RI) sekaligus pemateri 1 dalam webinar nasional TLF 2022 ini mengakui bahwa tertarik untuk menjadi pemateri dalam webinar nasional kali ini dikarenakan sesuai dengan kebutuhan remaja yang perlu diperhatikan dan menjadi isu bersama serta berharap agar para remaja dapat mencegah dirinya menjadi pelaku atau korban toxic relationship.

 Ke depannya perlu dengan langkah konkret dengan bagaimana civitas akademika di kampus yang menjadi support sistem bagi yang lainnya dapat mendukung individu lain yang dikenal untuk menghindari dan mengatasi toxic relationship, khususnya di lingkungan kampus. Remaja dapat memetakan peran-peran riil yang dimiliki dan memaksimalkan upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menangani toxic relationship. Sebagai remaja yang memiliki pasangan: remaja mencegah dirinya menjadi pelaku atau korban toxic relationship. Sebagai teman dalam per grup/ satu geng/ komunitas,  remaja mengingatkan temannya untuk menghindari praktik-praktik toxic relationship maupun menyudahi hubungan yang syarat dengan muatan toxic relationship. Sebagai remaja yang hidup di keluarga, remaja juga perlu memberi reminder pada anggota keluarga untuk menghindari praktik-praktik toxic relationship. Sebagai pengguna medsos aktif dan bagian dari organisasi remaja/ mahasiswa, remaja dapat menyebarluaskan kampanye/ info-info pencegahan dan penanganan praktik-praktik toxic relationship” Ujarnya.

Dicky Mochammad Faisal selaku Penyuluh Hukum perwakilan dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (KEMENKUMHAM RI) dan merupakan pemateri 2 menambahkan bahwa, ini akibat dari tindak kekerasan dapat mengganggu ketertiban umum dan melukai harkat dan martabat sebagai manusia serta diharapkan supaya remaja Indonesia dapat paham apa yang menjadi kebutuhannya dan poteni ancaman dalam pergaulan sosial.

 “Hal ini berangkat dari keyakinan tentang sebaik-baiknya orang, adalah yang dapat memberi manfaat untuk yang lain. Ketertarikan menjadi narasumber adalah karena saya adalah Penyuluh Hukum, yang memang bertugas menyebarluaskan informasi hukum dan peraturan yang berlaku, webinar Justitia sejalan dengan upaya tersebut. Pembahasan topik dimaksud memang menarik adanya, terutama karena akibat dari tindak kekerasan ini dapat menganggu ketertiban umum dan melukai harkat dan martabat sebagai manusia, makhluk yang berfikir. Perlu adanya peran aktif dari tokoh kunci untuk menginternalisasi nilai-nilai perlindungan dalam berumah tangga atau berkekasih. Harapan saya sederhana, agar setiap remaja Indonesia paham betul apa kebutuhannya, apa potensinya dan apa ancaman dalam mengarungi bahtera yang dinamakan pergaulan sosial. Dengan modal itu, para remaja akan punya peta jalan yang lengkap dari titik berangkat, titik tujuan, jalan keluar bahkan pintu darurat yang digunakan apabila dalam kondisi bahaya dan butuh pertolongan. Ijinkan saya mengutip perkataan Pendaki Gunung berikut " Bagiku ada sesuatu yang paling berharga dan hakiki dalam kehidupan: 'dapat mencintai, dapat iba hati, dapat merasai kedukaan'. Tanpa itu semua maka kita tidak lebih dari benda. Berbahagialah orang yang masih mempunyai rasa cinta, yang belum sampai kehilangan benda yang paling bernilai itu. Kalau kita telah kehilangan itu maka absurdlah hidup kita". – GIE,” Tutupnya.

 

 


 

Reporter: Puji Astuti

Penulis: Nisa Ayu Nurlita

Editor: Andi Rahmawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi : "Negara Lucu" Karya Ragil Eldar Leonanta

 Gambar Oleh LPM Acta Diurna Negara Lucu karya : Ragil Eldar Leonanta Terlahir dari sebuah perjuangan Pertumpahan darah tak terhindarkan Kini tercapai cita-cita yang diinginkan Melihat merah putih yang selalu dikibarkan. Namun sekarang rakyat sedang bersedih Melihat negara yang mulai teronggoti Akibat penguasa yang memperkaya diri Kebebasan di halangi oleh hukum di negeri ini Namun hanya untuk rakyat yang tidak bermateri Semua dapat  di manipulasi jika kau bisa memberi Pencuri kecil di tangkap dan di hakimi Kasus tikus berdasi di tutut-tutupi dan di lindungi Bagai pisau yang tajam ke bawah namun tumpul ke atas Yang kecil akan semakin tertindas Selucu inikah negeriku ? Wakil rakyat namun tak memihak kepada rakyat Penuh dengan aturan yang hanya membuat benturan Tak pernah menuntun namun selalu di tuntut Tak sehaluan dapat mengancam diri sendiri Bagai boneka yang selalu di leluconi Benar kata pendahulu negeri Perjuanganku akan lebih mudah melawan penjajah Namun kalian akan lebih berat kar

ADAKAN SEMINAR SHOLARSHIP, ECFL UNTAN MEMBUKA PELUANG BAGI PEJUANG SCHOLARSHIP

  ECFL Fakultas Hukum Untan adakan Seminar SHOLARSHIP (doc. Acta Diurna) Minggu, 7 mei 2023. Salah satu LOK di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura, yaitu ECFL telah berhasil menyelenggarakan seminar menarik yang bertemakan "Tips and Tricks How To Get a Scholarship”.  Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara English Club Faculty of Law Universitas Tanjungpura dengan Politeknik Aisyiyah Pontianak (POLITA) guna menjalin relasi satu sama lain. Tentunya acara yang diadakan di ruang Mini Teater Fakultas Hukum UNTAN ini sukses menarik minat para pejuang Scholarship dengan total empat puluh lima peserta yang termasuk di dalamnya beberapa perwakilan dari beberapa lembaga organisasi kampus di Universitas Tanjungpura seperti Al-Mizan, Imka Pijar, dan Acta Diurna. Seminar yang dimoderatori oleh Jamaludin ini dibagi menjadi beberapa sesi, diantaranya ialah opening yang merupakan penyampaian kata sambutan oleh President of ECFL, President of POLITA, President of BEM Fakultas Hukum dan juga s